Cari Tips Masakan Dan Minuman Diblog Ini

Makanan Khas D.I.Yogyakarta

Posted by Unknown On 0 komentar

Makanan Khas D.I.Yogyakarta

Makanan Khas D.I.Yogyakarta-Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa yang setingkat dengan provinsi lain nya di Indonesia yang merupakan hasil dari peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dengan  Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang letaknya di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.itulah sekilas tentang provinsi ini tapi sekarang kita akan membahas Makanan Khas D.I.Yogyakarta bukan batas batas provinsi nya ya.nah berbicara makanan khas yogyakarta memiliki makanan khas yang enak dan lezat dan nama nya juga agak sering didengar ditelinga,apalagi kalau bukan Nasi Gudeg,nasi gudeg sendiri terbuat dari bahan utama nya nangka muda yang dimasak menggunakan santan.  Nasi Gudeg dimakan pakai nasi dan disajikan bersama kuah, ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.lalu bagaimana cara membuatnya,disini kami akan berbagi cara membuat nya, langsung saja yuk kita siapkan bahan bahan nya.

Bahan bahan nya:
Bahan dan bumbu gudeg nagka :

    Makanan Khas D.I.Yogyakarta
  • 1buah nangka di potong potong kecil
  • 10 butir telur yang sudah direbus
  • Air kelapa atau air cuka
  • 8 lembar dauun salam
  • 4 ruas lengkuas
  • Gula merah secukupnya,iris halus
  • Santan dari satu buah kelapa
Bumbu yang di haluskan :
  • 10-18 siung bawang merah
  • 8-15 siung bawang putih
  • Ketumbar secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara membuat gudeg nangka
  1. Alas dasar panci dengan daun salam kemudian taruh potongan lengkuas. lalu masukkan  secara berturut turut nangka muda yang suudah dipotong, telur rebus serta gula merah.
  2. Aduk bumbu yang sudah dihaluskan dengan air kelapa atau cuka yang sudah disiapkan tadi, aduk hingga rata dan masukkan kedalam panci yang sudah dimasukkan adonan tadi.
  3. Masukkan juga air kelapa secukupnya dan telur rebus.Tutup rapat panci, Masak dengan api sedang selama 2 jam usahakan panci tertutup rapat. setelah dua jam angkat telurnya agar tidak hancur.
  4. Tuangkan santan dan aduk hingga rata, lalu masukkan kembali telur rebus yang sudah dikeluarkan tadi.
  5. Mask lagi dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga matang atau sampai santan nya habis.
  6. Lalu Siram nasi gudeg dengan kuah areh/ kuah opor ayam kental di atas gudeg nangka ini secukupnya pada saat dihidangkan.
  7. Setelah itu gudeg siap disajikan dengan nasi,kuah areh dan  sambal goreng krecek.
nah itulah cara membuat nasi gudeg atau Makanan Khas D.I.Yogyakarta gimana tertarik untuk mencoba ? jangan lupa ya temukan resep masakan lainnya hanya di Dapur 7

BACA JUGA TIPS RESEP MASAKAN DAN MINUMAN DI BAWAH INI

0 komentar:

Post a Comment