Cari Tips Masakan Dan Minuman Diblog Ini

Makanan Khas Sumatera Utara

Posted by Unknown On 0 komentar

Makanan Khas Sumatera Utara

Makanan Khas Sumatera Utara-makanan yang sangat populer di sumatra utara khususnya kota medan adalah bika ambon ,pasti anda mengira bika ambon berasal dari kota ambon,memang tak bisa di salahkan resep bika ambon memang asli medan yang memang orang banyak mengira bika ambon berasal dari kota ambon maluku,tanpa berlama-lama lagi saya akan menjabarkan bahan-bahan serta resep tentang bagai mana cara membuatbika ambon yang benar.sebelumnya mari kita lihat bahan-bahannya,

bahan-bahan membuat bika ambon
    Makanan Khas Sumatera Utara
  • Bahan Utama yang harus disiapkan  300 gram Tepung Sagu dan 100 gram Tepung Terigu  untuk membuat roti . 
  • 200 ml Air Kelapa dari Kelapa Segar 11 gram ragi instant untuk pengembang
  • 600 ml Santan. Lebih baik di gunakan santan asli yang diambil parutan kelapa yang sudah tua. Gunakan  santan yang kental nya aja supaya hasil nya akan  lebih legit.
  • 15 butir sampai dengan 18 butir kecil Telur Ayam atau sesuaikan dengan selera a. Pisahkan putih telur nya dan ambil kuning telurnya saja.
  • 1 sendok  sendok teh vanili dan 1 sendok teh garam dapur.
  • 450 gram Gula Pasir putih. Jangan menggunakan gula pasir yang bewarna  kuning karna akan  menagakibatkan warna bika akan agak gelap, dan hasil  akan tercium seperti aroma tebu.
cara membuat bika ambon
1.   campur semua bahan -bahan adonan lalu diamkan kira-kira selama 25 menit.
2. panaskan  santan, garam dan daun jeruk purut sampai mendidih sambil diaduk-aduk pelan-pelan agar santan tidak pecah, angkat dan Buang daun jeruk purut lalu campurkan santan serta tepung sagu,lalu  aduk sampai rata.
3. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga gula larut dan agak mengembang. Masukkan campuran tepung sagu tadi, campurkan kulit jeruk purut parut, vanilli dan pewarna kuning. Aduk sampai rata.lalu Diamkan adonan  sampai ± 3 jam. 
4. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak dan dipanasi terlebih dahulu sebelum adonan dituangkan ke dalam cetakan.
5. masukkan ke dalam oven dengan api sedang, biarkan pintu oven tetap terbuka hingga gelembung berhenti setelah gelembung berhenti tutup kembali oven.  

6.matikan oven bagian bawah, kemudian nyalakan lagi oven bagian atas dan lalukemudian panggang hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan jangan biarkan terklalu dingin untuk lebih mudah dalam pengankatan untuk di sajikan.
7. bika ambon siap sajikan dan dinikmati.
 

nah begitulah cara membuat bika ambon yang praktis dan enak,dan temukan resep makanan, minuman lainnnya di  dapur 7

BACA JUGA TIPS RESEP MASAKAN DAN MINUMAN DI BAWAH INI

0 komentar:

Post a Comment