Cari Tips Masakan Dan Minuman Diblog Ini

Tips Dan Resep Kue Semprit

Posted by Unknown On 0 komentar

Tips Dan Resep Kue Semprit

Tips Dan Resep Kue Semprit-Berbentuk bunga dan berhiaskan sukade (irisan buah kering) pada bagian tengahnya, sebab itu siapa yang tidak akan terpuka dengan tampilan kue semprit yang satu ini? jika dilihat dari segi dan bahan baku nya, kue kering ini hampir mirip dengan kue Lidah kucing, hanya berbeda pada bentuk dan pemakaian bahan tepungnya saja. hanya saja kue semprit menggunakan sedikit lebih banyak tepung terigu,  Mengapa kue kering yang satu ini dinamakan dengan kue semprit? Mungkin karena orang-orang di Indonesia kesulitanmengucapkan namanya ‘spuit’ proses pencetakan kue menggunakan plastik segitiga dan besi corong khusus sebagai cetakan dalam membuat kue, mungkin karna itu muncullah istilah kue semprit.

Sukade yang digunakan dalam resep kue semprit ini adalah sejenis manisan kue kering yang terbuat dari labu. dan juga Biasanya di pasaran juga terdapat tiga warna sukade, hijau,merah,dan kuning. Di dalam resep ini hanya digunakan sukade warna merah nya saja.agar kue semprit lebih meriah, anda juga bisa menggunakan sukade berbagai macam warna.

Tips Dan Resep Kue Semprit

Bahan-bahan Kue Semprit

  • 350 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr tepung maizena
  • 200 gr mentega
  • 200 gr gula bubuk
  • 4 kuning telur
  • 2 putih telur
  • Sukade/buah kering untuk hiasan secukupnya
  • 1 sdt vanila bubuk
  • ½ sdt garam
  • Margarin untuk olesan

Cara membuat Kue Semprit

  1. Kocok mentega dengan ½ bagian gula bubuk sampai mengembang. kemudian Masukkan kuning telur nya satu persatu sembari terus dikocok hingga tercampur rata.
  2. Campurkan tepung terigu, vanili bubuk,garam,  dan tepung maizena, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata.
  3. Kocok putih telur dengan sisa gula bubuk hingga mengembang serta kaku. kemudian masukkan ke dalam adonan tepung tadi sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga yang telah diberi mata spuit berbentuk seperti bintang. Semprotkan adonan bentuk bunga di atas loyang datar yang telah diolesi dengan margarin. lalu Hias bagian atasnya menggunakan sukade.
  5. Panggang dengan suhu 160°C selama 25 menit hingga matang dan mengering. Angkat kemudian biarkan sampai dingin. Simpan dalam stoples kedap udara.
Karena bentuk kue ini yang memangsangat cantik, dengan hanya dikemas secara sederhana saja kue ini sudah bisa menjadi suguhan yang menarik di attas meja anda. Selamat mencoba resep kue semprit ini, dan jangan lupa untuk saling berbagi cerita di kolom komentar. Semoga anda berhasil!

BACA JUGA TIPS RESEP MASAKAN DAN MINUMAN DI BAWAH INI

0 komentar:

Post a Comment